Menyajikan Tips Blogging SEO, Tips Kesehatan, Tips Komputer, Seputar Islam, Teknologi, Lowongan Kerja, Bisnis dan Berita Online.

Makanan dan Minuman yang Harus Dihindari Penderita Insomnia

Ditulis oleh: -

Makanan dan Minuman yang Harus Dihindari Penderita Insomnia


Meski sudah berusaha keras memejamkan mata karena sudah waktunya untuk beristirahat, tetap saja tidak bisa tidur. Padahal banyak tugas yang harus dikerjakan pagi harinya dan membutuhkan tenaga yang cukup untuk menyelesaikannya. Jika Anda penderita insomnia, situasi ini pasti sudah tak asing lagi.

Faktor penyebab insomnia ada banyak, salah satunya adalah gaya hidup. Termasuk di dalamnya adalah pola makan dan jenis makanan yang dikonsumsi. Lalu makanan apa saja yang harus dikonsumsi dan dihindari jika ingin cepat mengantuk?

Makanan yang Sebaiknya Dikonsumsi Sebelum Tidur

1. Cokelat hitam
Coklat hitam juga sebaiknya tidak dimakan oleh penderita insomnia sebelum tidur, karena cokelat hitam mengandung kafein.

2. Kacang-kacangan, seperti kacang almond
Kacang-kacangan kaya akan vitamin B dan asam folat. Unsur-unsur tersebut membantu tubuh untuk mengatur siklus tidur yang baik. Dari berbagai jenis kacang-kacangan, kacang almond baik untuk dikonsumsi oleh penderita insomnia. Kacang almond akan membuat tekanan darah anda menjadi normal. Tekanan darah yang normal membantu penderita insomnia lebih mudah untuk tidur.

3. Ikan, seperti ikan salmon
Ikan sebaiknya dimasak dengan direbus atau dikukus agar kandungan gizinya tidak hilang. Jenis ikan yang baik untuk penderita insomnia adalah ikan salmon. Ikan ini mengandung asam docosahexaenoic yaitu DHA, yang meningkatkan hormon melatonin pada tubuh. Hormon melatonin adalah hormon yang mengendalikan siklus tidur di otak.

4. Buah-buahan seperti ceri dan pisang
Dari berbagai jenis buah yang ada, ceri dan pisang adalah buah yang dipercaya mampu mengatasi insomnia, karena buah ceri mengandung zat melatonin. Sedangkan pisang mengandung magnesium, potassium, dan tryptophan yang bisa membuat otot dan saraf lebih rileks, serta pikiran menjadi tenang.

Minuman yang Sebaiknya Tidak Dikonsumsi Sebelum Tidur:

1. Kafein
Jauhi minuman atau makanan yang mengandung kafein sebelum tidur, karena kafein menyebabkan jantung berdebar dan tubuh terjaga.

2. Es krim
Sebaiknya hindari makan es krim sebelum tidur, sebab es krim mengandung banyak lemak. Mengonsumsi es krim sebelum tidur membuat tubuh sibuk membakar lemak, bukannya beristirahat.

3. Susu sapi
Minumlah segelas susu sapi segar sebelum tidur, karena susu sapi segar mengandung tryptophan dan kalsium yang membuat otot dan saraf lebih sehat. Bagi penderita insomnia, kalsium pada susu sapi segar membantu otak menjadi lebih tenang dan mengurangi beban stress. Dengan pikiran yang tenang dan jauh dari rasa stress, tidur pun akan menjadi lebih nyenyak.

4. Alkohol
Beberapa orang menganggap meminum alkohol di malam hari membantu tidur cepat. Padahal kenyataannya, alkohol tidak mampu memberikan waktu istirahat yang tahan lama dan tidak membuat kita merasa segar saat terbangun.

Semoga artikel Makanan dan Minuman yang Harus Dihindari Penderita Insomnia dapat bermanfaat untuk anda.

2komentar :

  1. mengunjungi blog yang bagus dan penuh dengan informasi yang menarik adalah merupakan kebahagiaan tersendiri.... teruslah berbagi informasi

    ReplyDelete
    Replies
    1. terima kasih atas kunjungannya sobat.:)

      Delete

Para sobat Blogger Mari Saling Vote dan Comment Dengan Baik, Agar Mempererat Tali Silaturahmi dan Meningkatkan Seo Blog Kita Dengan Blogwalking, Saling Follow Serta Komentar Balik dan Tunggu
Kunjungan Balik Saya Di Blog Anda.

Jika Anda Ingin Meninggalkan Link, Pilih opsi Open ID Jangan memasukan link hidup karena akan saya hapus. karena blog ini bukan tempat untuk mempromosikan produk yang dijual di blog anda.
Terima kasih atas kerjasamanya ^_^