Menyajikan Tips Blogging SEO, Tips Kesehatan, Tips Komputer, Seputar Islam, Teknologi, Lowongan Kerja, Bisnis dan Berita Online.

Perencanaan Pembuatan Perangkat Lunak Software Engenering

Ditulis oleh: -
Perencanaan Pembuatan Perangkat Lunak Software Engenering
Software engenering merujuk kepada teknik pembuatan software. Adapun cakupannya dari mulai tahap pembuatan , pemeliharaan serta pengembangan software. Menurut wikipedia Rekayasa perangkat lunak (RPL, atau dalam bahasa Inggris: Software Engineering atau SE) adalah satu bidang profesi yang mendalami cara-cara pengembangan perangkat lunak termasuk pembuatan, pemeliharaan, manajemen organisasi pengembanganan perangkat lunak dan manajemen kualitas.

Sebelum membahas lebih lanjut apa sih software itu?
Menurut perspektif saya software adalah tools(alat) digital yang berguna untuk mengolah data dengan tujuan menghasilkan informasi.
 
Karena sifatnya digital software memiliki beberapa karakteristik di antaranya:
  • Software Is Development Not manufacture
Artinya bila pada produksi manufaktur sang produk apabila sudah di pasarkan maka pihak produsen tidak lagi perlu memelihara produknya. tapi berbeda dengan produksi Development biarpun sudah di pasarkan sang produk akan senantiasa di kembangkan, di perbarui serta perbaikan kualitas.
  • Zero Tolerance
Toleransi akibat kesalahan software dalam melakukan pekerjaannya adalah nol(0). Perangkat keras semakin lama digunakan semakin menurun produkivitasnya tapi tidak untuk software karena ia bukan benda nyata. Sekarang lanjut kepokok bahasan untuk teknik pembuatan software (software engenering), postingan kali ini akan membahas.

Tahapan pembuatan software, dan masih ada beberapa kaitan dengan posting saya tentang hasil software kecil-kecilan buatan pribadi download auto shutdown V.1.1 gratis. Ada beberapa tahapan pebuatan software yang saling terhubung dan bersifat berkesinambungan sebagai berikut:

1. Requiredment
Tahap pertama pengembang (development) menerima request dari user akan kebutuhannya dalam sistem yang hendak di perbaiki. Kebutuhan bisa seputar biaya yang dapat dipangkas, waktu yang dapat di hemat, SDM (sumber daya manusia) yang efisien.
Developmet -user

2. Specification
Development melakukan spesipikasi tentang software seperti apa yang hendak di buat berdasarkan kebutuhan user. Spesifikasi berdasarkan Hardware dan software yang di butuhkan, serta fungsi yang terdapat pada software.

3. Design
Development memulai karya seninya dalam pembuatan software. Agar enak di pandang (eye catching) sekaligus efisien sehingga user merasa nyaman dengan tampilannya (software).

4. Code (coding)
Development mulai membuat software dengan bahasa pemograman yang dia kuasai. dari proses ini sebuah software sudah lahir. Alhamdullilah.

5. Testing
Selanjutnya software yang tersebut di test dahulu oleh development sebelum sampai ke tangan user.
pertanyaan pokok yang perlu di lihat, apakah fungsi yang ada sesuai permintaan? apa saja bug atau eror pada situasi abnormal?.

6. Debuging
Development memperbaiki bug atatu eror yang ada pada softwarenya. tahap ini akan terus di ulang dengan tahap sebelumnya (testing). jadi development akan terus melakukan tahapan test-debug-tes-debug (jadi mirip orang lagi jatuh sob :D). hingga di rasa softwarenya telah mantap untuk di pasarkan secara resmi.

7. Maintenace
pada tahap ini software sudah sampai kepada tangan user. Namun development terus memantau dan memelihara apakah software tersebut berjalan dengan baik.

Semoga dengan artikel Perencanaan Pembuatan Perangkat Lunak Software Engenering ini dapat menginspirasi dan menambah wawasan sobat SalamuN RespectoR dalam tahapan pembuatan software.

14komentar :

  1. blogwalking dah
    pusing mau comen apa soalnya ane ga ngerti
    hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha kalau masih belum paham iya sudah cukup dibaca saja sob, untuk referensi wacana aja.

      Delete
  2. siip boss, tahapan yang tepat, yang pertama di atas itu interview dan analisis masalah ya. terima kasih sudah berbagi. Salam.

    ReplyDelete
    Replies
    1. siiip terima kasih kembali sob, yups betul sekali first step interview dan analisis masalah. regards,

      Delete
  3. Asik kali ya kalo udah bisa bikin software sendiri yang keren

    salam blogwalking kaka

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya cukup asik sob karena sudah berusaha untuk mencoba buat software ringan secara pribadi dan otodidak. hehe
      okay blogwalking done. thanks

      Delete
  4. Nice article *walaupun saya gak ngerti... tetep informasinya oke banget

    Koment back ya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. terima kasih sob, yg sabar belajar pelan-pelan insyaAllah nanti akan paham dengan sendirinya.
      coment back done.:)

      Delete
  5. nuwun atas sarannya mas.... :D visit back yah..

    ReplyDelete
    Replies
    1. okay sami-sami sob...:D visit back done.

      Delete
  6. 20 Tahun lebih saya di bidang Engineering (Tool & Product developt), yang saya bisa lakukan pada Software/Tools saya, hanya custom AutoLISP pada AutoCAD.ya cuma itu.
    Baru sekarang mengenal Sifat atau karakteristik Software itu (software is developtment & No/zero tolerances)
    Saya sependapat dengan perspectif Sobat,Software hanyalah Tool, jadi peformance kerja kita tetap ditentukan oleh Ability/Kemampuan/skill dan Jam terbang/Pengalaman kita di bidang Engineering tsb.
    (just Comment..)Terima Kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. wew pengalaman dalam bidang engenering Tool & product developt lebih tinggi anda sob dengan penguasaan Autolips di Autocad, kalau saya masih proses belajar dengan tools VB & C++. Terima kasih atas tanggapan dan kesamaan opininya. :)

      Delete
  7. wah susah juga ya, tahapannya banyak dan harus urut. bang Salamun, saling review alexa yuk bang, blog SalamuN RespectoR sudah saya kasih bintang 5, review balik ya bang :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya susah kalau tidak berusaha untuk mencobanya sobat :D iya harus urut jika ingin menjadi progamer yg handal dan terpercaya sob.
      Okay review Alexa done bisa sobat check di blog anda, terima kasih atas kerjasamanya sobat:)

      Delete

Para sobat Blogger Mari Saling Vote dan Comment Dengan Baik, Agar Mempererat Tali Silaturahmi dan Meningkatkan Seo Blog Kita Dengan Blogwalking, Saling Follow Serta Komentar Balik dan Tunggu
Kunjungan Balik Saya Di Blog Anda.

Jika Anda Ingin Meninggalkan Link, Pilih opsi Open ID Jangan memasukan link hidup karena akan saya hapus. karena blog ini bukan tempat untuk mempromosikan produk yang dijual di blog anda.
Terima kasih atas kerjasamanya ^_^