Menyajikan Tips Blogging SEO, Tips Kesehatan, Tips Komputer, Seputar Islam, Teknologi, Lowongan Kerja, Bisnis dan Berita Online.

Menggunakan Taktik Kura-Kura dalam Presentasi

Ditulis oleh: -
Menggunakan Taktik Kura-Kura dalam Presentasi
Hallo sobat SR, berkaitan dengan posting mengenai Cara Melatih Berbicara Dalam Presentasi, dikesempatan kali ini saya akan share penggunaan taktik kura-kura dalam prestasi.Teknik ini berkaitan dengan realisasi bahasa tubuh agar kualitas prestasi anda berkelas.
Dalam cerita kura-kura sering ditokohkan sebagai binatang yang cukup lamban dalam bergerak. Walaupun lamban kura-kura juga mengambil peran sebagai tokoh yang bijaksana dalam sebuah cerita, bukan hanya bijaksana namun juga cerdas. Ada sebuah anggapan dari kebanyakan orang didunia bahwa sikap lembut dan tidak terbur-buru sering diidentikan dengan tingkat kecerdasan yang dimiliki, semakin terlihat tenang dan percaya diri maka biasanya seseorang akan semakin terlihat lebih cerdas. Dalam budaya kita sering disebut dengan ilmu padi.

Anggapan tersebut muncul karena masyarakat lebih menilai apa yang terlihat secara langsung dari sikap dan tindakan. Dalam sebuah presentasi kita perlu menggunakan taktik kura-kura sebagai bagian dari penilaian presentasi. Bila digunakan dengan benar dan tepat maka secara tidak langsung gerakan dari tubuh anda merupakan pesan ke audiens bahwa kita lebih berilmu, cerdas dan percaya diri.

Beberapa contoh penggunaan taktik "kura-kura" dalam presentasi adalah, ketika pembicara berjalan kesana kemari di panggung. Berjalan kesana kemari memang bagian dari ilmu penguasaan panggung, tetapi lebih baik jika dilakukan juga dengan lebih perlahan, tenang dan disertai postur badan yang tegap. Setiap gerakan perlahan pada umumnya lebih tepat bila disertai dengan senyuman. Termasuk saat berjalan menghampiri salah satu peserta untuk berinteraksi, pada umumnya jurus kura-kura akan memberikan kesan bahwa anda adalah sosok yang berwibawa.

Pada saat penggunaan alat-alat bantu seperti wireless remote, spidol, ambillah dengan gaya yang lebih perlahan tanpa terlihat tergesa-gesa. Gerakan dengan jurus kura-kura yang lebih perlahan dan tenang akan menghindarkan kita dari kesalahan-kesalahan kecil yang seharusnya tidak perlu terjadi. Gunakanlah alat-alat bantu tersebut dengan cara lebih santai dan anggun, termasuk ketika meletakkan kembali pada tempatnya.

Penjelasan beberapa hal penting yang butuh ditunjang dengan gerakan tubuh, perlu dilakukan dengan lebih perlahan dan tertata rapi. Selain menambah karisma anda, audiens juga lebih mudah menangkap pesan yang disampaikan sehingga tidak menimbulkan perbedaan persepsi dalam pemahaman.

Tidak semua gerakan dalam presentasi harus menggunakan taktik kura-kura! Kita perlu juga bergerak secara alami dan kadang-kadang sedikit lebih cepat pada bagian tertentu. Penggunaan taktik kura-kura akan membantu audiens untuk lebih fokus pada suatu pesan tertentu yang ingin kita sampaikan. Jurus ini juga memberikan kesan bahwa kita sudah memiliki persiapan yang bagus dan percaya diri.

Selamat mencoba menggunakan taktik kura-kura dalam presentasi, semoga bermanfaat untuk sobat blogger dan salam sukses.:)

5komentar :

  1. taktik kiura-kura yang keren gan. nicee share dan terus berkarya.:)

    ReplyDelete
  2. kunjungan blog gan ^_^
    maaf gan baru bsa nongol lagi nih
    ada masalah speedy

    ReplyDelete
    Replies
    1. ohh lg trooble di speedy paling telat bayar,,hehe
      ok gan terima kasih atas kunjungannya..:) ditunggu blogwalkingnya keblog ente.:) hehe

      Delete
  3. wow ... ternyata persentasi ada trik.nya yaaa ... sip deh semoga bisa berguna ... soal.nya disekolah ane sering banget persentasi ...

    follback di tunggu gan ...

    http://dimasramdhan.blogspot.com/

    ReplyDelete
    Replies
    1. siiip sobat,,semoga bermanfaat buat sampean. hehe
      ok followback done sedulur.:)

      Delete

Para sobat Blogger Mari Saling Vote dan Comment Dengan Baik, Agar Mempererat Tali Silaturahmi dan Meningkatkan Seo Blog Kita Dengan Blogwalking, Saling Follow Serta Komentar Balik dan Tunggu
Kunjungan Balik Saya Di Blog Anda.

Jika Anda Ingin Meninggalkan Link, Pilih opsi Open ID Jangan memasukan link hidup karena akan saya hapus. karena blog ini bukan tempat untuk mempromosikan produk yang dijual di blog anda.
Terima kasih atas kerjasamanya ^_^