Cara Melatih Berbicara Dalam Presentasi

Cara Melatih Berbicara Dalam Presentasi
Hai sobat SR, biasanya sobat yang akan interview kerja dan lain sebagainya cenderung ingin melatih cara berbicara yang baik agar terlihat kualitas prestasinya berkelas.

Mengolah sebuah percakapan yang baik dapat diibaratkan seorang koki yang mengolah bahan makanan menjadi santapan yang lezat dan mantap. Untuk itu anda harus tahu apa saja yang diperlukan dan bagaimana cara menggunakannya. Tips dan Trik berbicara yang baik sebagai berikut :

"Cara Melatih Berbicara Dalam Presentasi"
1. Pengunaan kata-kata yang benar sangat penting, sedikit saja anda keliru, terkadang akibatnya bisa diluar dugaan. Susunan kata, cara pengucapan, dialog terkadang dapat menjadi hal yang harus benar-benar diperhatikan penggunaannya. Terlebih bila anda ingin mendapat manfaat besar dari sebuah pembicaraan, contohnya anda sedang menjual.
2. Aturlah dan pikirkan kata-kata anda sebelum bicara, terkadang sangat bermanfaat bila anda menuliskan konsepnya terlebih dahulu. Ini akan sangat membantu anda untuk bicara dengan terarah dan jelas. Anda juga akan mendapat manfaat secara otomatis dapat berbicara dengan sangat baik bila sering melakukan hal ini. seorang pembicara dapat berbicara dengan baik didepan audiens, dan beberapa dari mereka memikirkan bahkan membuat coretan sederhana mengenai kata-kata yang akan dipakai.
3. Perbanyaklah kosakata yang anda pakai. Contohlah pemakaian kata dari orang-orang yang memiliki kosakata cukup bagus, sesuai dengan bidang pekerjaan anda. Atau dapatkan referensi dari buku-buku komunikasi berkualitas, yang membahas dunia kerja. Perhatikan baik-baik, komunitas anda akan mempengaruhi kosakata anda.
4. Pakailah kosakata yang sesuai dengan sudut pandang lawan bicara. Bila berbicara dengan seorang Teknisi, maka kosakata anda akan banyak memuat hal-hal teknis. Jika berbicara dengan pengusaha, maka kosakata anda akan banyak memuat hal-hal yang berhubungan dengan peluang, keuntungan, dan trend.
5. Salah satu cara untuk mengetahui sudut pandang mereka adalah dengan cara bertanya. Bertanya, yang dimaksud adalah mengajukan pertanyaan mengenai kehidupan pribadi atau profesionalnya. Gunakan kalimat tanya yang terbuka agar tidak dijawab dengan "ya" atau "tidak". Dalam bukunya, Les Giblin mengatakan,bahwa semua orang suka membicarakan mengenai dirinya sendiri. Jika anda berhasil membuat seseorang menceritakan tentang dirinya, maka dia akan berbicara dengan sudut pandangnya, dan termasuk ketika menanggapi penawaran anda. Bahkan dari hal tersebut anda dapat menangkap beberapa kosakata yang mungkin dapat anda pakai, atau disesuaikan, serta gaya bicara yang dapat digunakan.
6. Sangat bagus bila anda dapat membuat klien anda tertawa, karena tertawa adalah salah satu tanda bahwa pelanggan setuju dengan anda. Hindari bercanda menyangkut sara, menjelekkan orang lain , sex, dan topic lain yang kurang sopan. Ini membuat posisi anda akan tetap aman. Menertawakan diri sendiri atau membuat lelucon mengenai diri sendiri sangat bagus, namun tetap mempertimbangkan batasan mengenai topiknya.
7. Pelajaran pertama sebelum mahir membuat orang tertawa adalah, menanggapi cerita lucu dari orang lain dengan tertawa. Semakin mudah dan santai anda dapat menanggapi dengan tawa, maka semakin terasah "sense of humor" yang anda miliki.
8. Jangan berlebihan dalam menanggapi dengan tawa anda, karena justru membuat orang enggan berkomunikasi lebih lanjut.

Semoga dengan cara melatih berbicara dalam presentasi dapat bermanfaat untuk sahabat blogger Salamun Respector.

Posted by: Salamun Respector SalamuN RespectoR, Updated at: Thursday, January 31, 2013
Judul: Cara Melatih Berbicara Dalam Presentasi
Rating: 5.0 based on 7397739 user reviews.
Ditulis Oleh Salamun Alfarisy
Salam Sukses Selalu Sobat (S4)

Posted by : SalamuN RespectoR Menyajikan Lowongan Kerja 2013, Tips dan Trik, Tips Blogging SEO, Tips Kesehatan, Tips Komputer, Seputar Islam, Teknologi, Informasi Bisnis dan Berita Online, Bacaan dari Member untuk member lain.

Sobat sedang membaca artikel Cara Melatih Berbicara Dalam Presentasi diposting oleh SalamuN RespectoR . Terima kasih atas kunjungannya. Kritik dan saran dapat disampaikan via kotak komentar. . .Jika Artikel ini diperlukan, anda dapat menyebarluaskan melalui blog atau web sobat, harap meletakkan tautan link aktif ke postingan ini. Terima kasih dan salam sukses.

12 komentar:

  1. berkunjung gan ^_^
    sebgai tman blogwalking yg baik ^_^
    hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. ok gan terima kasih atas kunjungannya..:)
      salam sukses^_^

      Delete
  2. Nice Post gan .. Unik ...

    Saya sudah Join, sekarg kita jad teman blogger .. semoga makin akrab ... :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. terima kasih...
      ok soba laporan accept..amiiin semoga makin akrab :) he he he

      Delete
  3. nice postingan,,,,artikel bermanfaat ni sobat.....
    oya ane udah follow ke-29

    salam blogger indonesia comment & Follback di tunggu
    at http://kevinakbarcitizen.blogspot.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. ok terima kasih,,blog sobat sudah ane follow dari td sob..:)

      Delete
  4. mantap infonya....baca ini juga bosss..."cara menggunakan hp untuk remote slide waktu presentasi" >>> http://onkapuas.blogspot.com/2013/01/tips-dan-trik-menjadikan-hp-sebagai.html

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih atas kunjungannya sobat Kapuas..:)
      visit n coment back done^^

      Delete
  5. tipsna bermanfaat sob buat ane yg ga pernah presentasi

    ReplyDelete
    Replies
    1. haha ok sobat selamat anda telah membaca artikel yang tepat.
      salam sekses sobat.:)

      Delete
    2. udah saya pasang sob linkna buat tukeran link,, silahkan di cek

      Delete
    3. ok link juga saya pasang, check done, terima kasih sobat.

      Delete

Para sobat Blogger Mari Saling Vote dan Comment Dengan Baik, Agar Mempererat Tali Silaturahmi dan Meningkatkan Seo Blog Kita Dengan Blogwalking, Saling Follow Serta Komentar Balik dan Tunggu
Kunjungan Balik Saya Di Blog Anda.

Jika Anda Ingin Meninggalkan Link, Pilih opsi Open ID Jangan memasukan link hidup karena akan saya hapus. karena blog ini bukan tempat untuk mempromosikan produk yang dijual di blog anda.
Terima kasih atas kerjasamanya ^_^