Menyajikan Tips Blogging SEO, Tips Kesehatan, Tips Komputer, Seputar Islam, Teknologi, Lowongan Kerja, Bisnis dan Berita Online.

Telapak Tangan Sering Berkeringat, Tanda Penyakit Jantung?

Ditulis oleh: -
 Tanya:
Kenapa ya telapak tangan dan telapak kaki saya sering berkeringat? Padahal saya sedang tidak kegerahan dan suasana di sekitar pun sedang tidak panas. Orang-orang bilang itu tanda penyakit jantung. Benarkah?

Nanie
Jawab:
Dear Nanie,
Belum tentu gejala seperti yang Anda katakan itu berasal dari adanya gangguan pada organ jantung. Bisa saja tidak terdapat gangguan tertentu pada organ jantung Anda.

Produksi keringat yang berlebihan dalam istilah medis disebut sebagai “hyperhidrosis”. Biasanya kondisi hyperhidrosis dimulai saat dewasa muda atau remaja. Hyperhidrosis memang dapat disebabkan oleh penyakit secara fisik, atau bisa juga disebabkan oleh faktor psikologis (kecemasan / kepanikan). Kondisi ini dapat terjadi pada selurah area permukaan tubuh maupun hanya di sebagian area tubuh saja seperti pada telapak tangan, telapak kaki, atau lipat ketiak.

Faktor gangguan secara fisik yang dapat menyebabkan hyperhidrosis contohnya adalah:
- terdapatnya kelenjar keringat yang berlebihan
- penyakit gangguan hormon (diabetes mellitus, gangguan pembentukan hormon thyroid, keadaan menopause)
- penyakit infeksi (Tuberculosis)
- penggunaan obat-obatan tertentu
- konsumsi alkohol.

dr. Janfrional

"Untuk pengobatan dan penanganan kondisi hyperhidrosis, perlu dicari tahu terlebih dahulu penyebabnya, apakah semata-mata karena faktor psikologis saja, atau terdapat gangguan secara fisik yang mendasarinya". Setelah itu baru diberikan pengobatan atau terapi yang sesuai dengan faktor penyebabnya. Untuk itu pemeriksaan lengkap oleh dokter mutlak diperlukan.

Apabila kondisi ini dirasakan cukup mengganggu dan berat, saya sarankan agar diperiksakan ke dokter.
Semoga membantu. 


Baca Juga:
10 Tip Dapatkan Gigi Putih Cemerlang
Jangan Duduk Membungkuk!
Jika Deodoran Sudah Tak Mampu Atasi Bau Badan
Tubuh Langsing, Namun Perut Buncit
Pengaruh Kurang Tidur Terhadap Pria dan Wanita

0 komentar "Telapak Tangan Sering Berkeringat, Tanda Penyakit Jantung?", Baca atau Masukkan Komentar

Post a Comment

Para sobat Blogger Mari Saling Vote dan Comment Dengan Baik, Agar Mempererat Tali Silaturahmi dan Meningkatkan Seo Blog Kita Dengan Blogwalking, Saling Follow Serta Komentar Balik dan Tunggu
Kunjungan Balik Saya Di Blog Anda.

Jika Anda Ingin Meninggalkan Link, Pilih opsi Open ID Jangan memasukan link hidup karena akan saya hapus. karena blog ini bukan tempat untuk mempromosikan produk yang dijual di blog anda.
Terima kasih atas kerjasamanya ^_^