Menyajikan Tips Blogging SEO, Tips Kesehatan, Tips Komputer, Seputar Islam, Teknologi, Lowongan Kerja, Bisnis dan Berita Online.

Penyebab Komputer Tiba-Tiba Restart Ketika Menyala

Ditulis oleh: -
Dipagi yang indah ini saya akan share menganalisis masalah dan mencari solusi mengenai komputer yang sering restart sendiri, tulisan ini adalah lanjutan dari pembahasan sebelum yang menerangkan tentang Cara Memperbaiki Bad Sector pada Harddisk, untuk tulisan kali ini saya akan mencoba membahas penyebab komputer restart sendiri ketika komputer menyala atau ketika komputer kita sedang digunakan, jadi tidak pada saat booting atau penginstalan windows.

Banyak penyebab komputer restart sendiri pada saat menyala sehingga perlu saya bahas pada postingan kali ini dan pembahasan tentang komputer restart sendiri ini menjadi andalan saya, langsung saja ya ke inti permasalahan.

Penyebab Komputer Restart sendiri ketika komputer menyala:
  • Karena processor komputer kita terlalu panas, jika kita menggunakan motherboard jaman dahulu mungkin tidak akan ada fitur auto restart bila processor terlalu panas, tapi dengan kemajuan teknologi, sekarang ini motherboard dirancang untuk merestart sendiri jika processor terlalu panas karena kelebihan dammage.
  • Ram lemah (Low / Bad Memory), Biasanya komputer restart disaat menjalankan program berat atau bermain game, karena aplikasi yang besarnya tidak sesuai dengan spesifikasi PC komputer, maka akan terjadi restar secara otomatis, Low Memory yang menjadi penyebabnya. Kadang-kadang disaat kita main game dan menjalankan multi tasking, contoh main game disertai membuka program-program yang lainnya seperti antivirus, browser, yang menyebabkan kinerja memory menjadi ekstra keras dan membuat beban kinerja komputer menjadi berat.
  • Kipas processor yang kendor, sehingga kurang menyuplai udara dingin ke heatshink (pendingin processor, chipset, VGA card, dll.) dan karena kurang udara dingin ke processor maka otomatis processor akan menjadi panas, dan jika terlalu panas maka motherboard akan memaksa system untuk merestart sendiri, untuk menghindari kerusakan yang lebih fatal (processor rusak fatal).
  • Terlalu banyak bad sector pada harddisk, sehingga akan membuat processor bekerja ekstra untuk membaca data dalam harddisk, sehingga seperti di atas penyebabnya yakni processor menjadi panas.
  • Terjadi konsleting pada komputer anda, hal ini bisa berakibat fatal bukan saja untuk processor tetapi hampir keseluruhan CPU (Central Processing Unit), saya masukan penyebab ini karena saya pernah mencobanya (hehehe).
  • Thermal Paste "pasta" (cairan penghantar panas untuk processor) sudah kering, sehingga tidak optimal menghantarkan udara dingin dari kipas ke processor.
Cara menanggulangi komputer yang restart di tengah-tengah:
  • Menangani masalah karena prosesor panas, cara penanggulangannya yakni dengan cara mematikan komputer dalam kurun waktu satu samapi dua jam. Usahakan untuk meluangkan waktu untuk membersihkan kipas atau membetulkan kipas sehingga pas dengan motherboard (kaki kipas tidak ada yang longgar), atau kalau susah juga, ada alternatif lain, yakni membeli kipas yang baru.
  • Anda dapat menambahkan kapasitas Ram atau memory atau bisa sobat page file memori dari hardis, Karena bad memory juga menyebabkan blue screen dan restart secara tiba-tiba.
  • Selalu check kondisi kipas yang ada dikomputer sobat, selalu membersihkan secara rutin setiap bulan dan jika kipas ada yang tidak dapat berputar secara normal maka perlu dilubangi ditengah-tengah kipas, terus diberi minyak goreng untuk melancarkan putaran kipas.
  • cara menanggulangi penyebab empat adalah dengan melihat artikel saya Cara Memperbaiki Bad Sector pada Harddisk, anda bisa baca  untuk membenarkan harddisk yang terdapat bad sectornya. Namun bila harddisk sudah terlalu banyak bad sectornya sehingga tidak bisa diperbaiki lagi, maka harus membeli harddisk yang baru.
  • Penyebab ke lima sudah tidak perlu dijawab lagi, kalau terjadi konsleting ya tentu hampir pasti aliran listrik pun akan mati.
  • sedangkan untuk penyebab yang terakhir, sebaiknya anda beli termal paste dan ganti termal pasti yang masih melekat dan kering pada pendingin dengan termal paste yang baru.
Maka dari itu pinta-pintar lah sobat menjaga dan merawat komputer, baik dalam hal software dan harddware, semoga dengan tulisan yang sederhana ini sobat-sobat blogger bisa mendapatkan pencerahan dalam permasalahan hadware komputer :-bd .

0 komentar "Penyebab Komputer Tiba-Tiba Restart Ketika Menyala", Baca atau Masukkan Komentar

Post a Comment

Para sobat Blogger Mari Saling Vote dan Comment Dengan Baik, Agar Mempererat Tali Silaturahmi dan Meningkatkan Seo Blog Kita Dengan Blogwalking, Saling Follow Serta Komentar Balik dan Tunggu
Kunjungan Balik Saya Di Blog Anda.

Jika Anda Ingin Meninggalkan Link, Pilih opsi Open ID Jangan memasukan link hidup karena akan saya hapus. karena blog ini bukan tempat untuk mempromosikan produk yang dijual di blog anda.
Terima kasih atas kerjasamanya ^_^