Memperbaiki Bad Sector Pada Harddisk

Selamat pagi sahabat blogger...:)
Untuk kesempatan kali ini saya akan membahas pengalaman yang pernah saya jumpai tentang cara memperbaiki bad sector pada harddisk. Bad sector pada harddisk merupakan penyakit yang lumayan serius karena jika dibiarkan mungkin saja akan menyebabkan harddisk rusak parah,  mungkin bagi sebagian orang memilih untuk membeli harddisk yang cukup murah sebagai gantinya, jadi sebenarnya jika harddisk kita rusak karena bad sector kita dapat membeli harddisk yang murah atau baru, walaupun masalahnya bukan pada biaya untuk membeli harddisk, akan tetapi data-data penting yang terdapat pada harddisk tersebut yang memprioritaskan kita untuk tidak membeli harddisk.

Ada beberapa alasan penyebab terjadinya Bad Sector pada harddisk disebabkan oleh :
1. Komputer tidak dimatikan "shutdown" secara normal, mungkin karena hank,over dammage crash, super lemot, sehingga kita terpaksa menekan tombol restart manul pada casing.
2. Karena Komputer kita sering dipindah-pindah, atau digeser-geser padahal komputer sedang menyala, akibatnya terjadi getaran sehingga membuat head (pembaca pada harddisk) menggores piringan harddisk.

Alasan Akibat yang ditimbulkan jika Harddisk terdapat Bad Sector :
1. Seandainya bad sector pada harddisk sudah terlampau banyak, biasanya harddisk tidak dapat diisi oleh System Operasi, sehingga tidak bisa dipakai sebagai harddisk master dan partisi.
2. Komputer sering merestart sendiri baik pada saat booting atau pada waktu menyala.
3. Komputer sering terjadi hang atau BSOD.
4. Komputer menjadi lambat atau super lambat, ini disebabkan kesulitan head harddisk membaca data pada piringan harddisk (contohnya kita membuka CD yang sudah penuh goresan, maka otomatis CD Rom akan sulit membaca CD tersebut)

Cara Menghilangkan Atau Memperbaiki Bad Sector Pada Harddisk:
Untuk masalah ini saya akan menggunakan salah satu program yang pernah saya coba yaitu HDD Regeneration, jika anda belum punya software tersebut silahkan klik Link ini
Harap Pasword di ketik: salamunrespector

Jika HDD Regeneration sudah anda download, install program tersebut, kemudian jalankan program tersebut. Berikut tahapan memperbaiki bad sector pada harddisk :
  • Sebaiknya anda memperbaiki harddisk yang ada bad sector-nya di komputer lain. (karena biasanya yang terdapat bad sector itu drive di mana sistem disimpan).
  • Jalankan program  HDD Regenerator.
  • Setelah itu pilih pilihan Click here to repair physical bad sectors on damaged drive surface directly under Windows (XP/Vista)
Cara Memperbaiki Bad Sector Pada Harddisk
  • selanjutnya pilih harddisk yang akan kita perbaiki (jika kita memperbaikinya di komputer lain, maka pilihlah harddisk kedua), lalu tekan Start Process.
Cara Memperbaiki Bad Sector Pada Harddisk
  • Next setelah itu anda akan masuk ke mode DOS, tekan tombol 1 untuk memperbaiki harddisk, lalu tekan enter.
Cara Memperbaiki Bad Sector Pada Harddisk
  • Selanjutnya tentukan dari sector mana anda akan memperbaiki, masukkan saja tombol 0 untuk memperbaiki sektor dari awal harddisk. lalu tekan enter.
Cara Memperbaiki Bad Sector Pada Harddisk
  • Berikutnya proses perbaikan bad sector dimulai dan tunggu sampai selesai.
  • Seandainya anda ingin membatalkan proses ini tekan saja tombol ESC.
Setelah proses perbaikan bad sector harddisk, masih terdapat bad sector maka kemungkinan besar harddisk anda sudah terlalu banyak bad sectornya. Untuk sementara cukup segitu saja pengalaman yang saya bagikan kepada para blogger, terimaksih telah berkunjung di blog saya yang sangat sederhana.

Posted by: Salamun Respector SalamuN RespectoR, Updated at: Wednesday, November 07, 2012
Judul: Memperbaiki Bad Sector Pada Harddisk
Rating: 5.0 based on 7397739 user reviews.
Ditulis Oleh Salamun Alfarisy
Salam Sukses Selalu Sobat (S4)

Posted by : SalamuN RespectoR Menyajikan Lowongan Kerja 2013, Tips dan Trik, Tips Blogging SEO, Tips Kesehatan, Tips Komputer, Seputar Islam, Teknologi, Informasi Bisnis dan Berita Online, Bacaan dari Member untuk member lain.

Sobat sedang membaca artikel Memperbaiki Bad Sector Pada Harddisk diposting oleh SalamuN RespectoR . Terima kasih atas kunjungannya. Kritik dan saran dapat disampaikan via kotak komentar. . .Jika Artikel ini diperlukan, anda dapat menyebarluaskan melalui blog atau web sobat, harap meletakkan tautan link aktif ke postingan ini. Terima kasih dan salam sukses.

12 komentar:

  1. passwordnya apa

    ReplyDelete
    Replies
    1. harap pasword di ketik aja ya gan:)
      pasword: salamun-salamun.blogspot.com

      Delete
  2. nice info gan, kalo ane biasanya pake tune up utility, wah bisa jadi alternatif lain ni aplikasi

    ReplyDelete
    Replies
    1. thanks sob,,kalo tune up utility fokus untuk memperbaiki registry dan memaksimalkan operasi sob, silakan di coba HDD Regeneration full nya:)

      Delete
  3. sudah tulis manual tapi tetep pass salah :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. pasword sudah diperbaiki sob, silakan masukkan paswordnya:
      salamunrespector

      Delete
    2. ijin download softwarenya sob.

      Delete
    3. silahkan di download softwarenya sobat.:)

      Delete
  4. innfo menarik gan..

    salam blogger yah gan..

    ReplyDelete
    Replies
    1. terima kasih gan, salam blogger n sukses selalu buat agan.:)

      Delete
  5. gan kalo yang kena bad tandanya sepwrti apa???

    ReplyDelete
    Replies
    1. tanda yang menonjol biasanya komputer sering restart automatis dan terkadang juga ditandai adanya blue screen (hampir warna seluruh layar biru disertai notice telusan)

      Delete

Para sobat Blogger Mari Saling Vote dan Comment Dengan Baik, Agar Mempererat Tali Silaturahmi dan Meningkatkan Seo Blog Kita Dengan Blogwalking, Saling Follow Serta Komentar Balik dan Tunggu
Kunjungan Balik Saya Di Blog Anda.

Jika Anda Ingin Meninggalkan Link, Pilih opsi Open ID Jangan memasukan link hidup karena akan saya hapus. karena blog ini bukan tempat untuk mempromosikan produk yang dijual di blog anda.
Terima kasih atas kerjasamanya ^_^