Menyajikan Tips Blogging SEO, Tips Kesehatan, Tips Komputer, Seputar Islam, Teknologi, Lowongan Kerja, Bisnis dan Berita Online.

14 Tips Menjaga Kesehatan Mata

Ditulis oleh: -

Sebagai salah satu panca indera, tidak dapat dipungkiri jika mata menjadi aset penting agar dapat tetap menikmati aktivitas rutin dan segala keindahan dunia.

Jika anda menginginkan mata sehat, sebaiknya mulailah menyadari pentingnya menjaga kesehatan mata. Banyak sekali penyakit mata yang bisa diminimalisir jika Anda tahu cara untuk merawat mata Anda sejak dini.

Berikut adalah beberapa hal yang dapat Anda lakukan demi menjaga kesehatan mata, dengan 14 Tips mudah Merawat Kesehatan Mata yang bisa dilakukan setiap orang dalam menjaga kesehatan mata:

Berhenti merokok
Tembakau secara langsung memberikan efek merugikan bagi kesehatan, terutama degenerasi makula mata yang berkaitan dengan usia (AMD). AMD merupakan kerusakan makula (saraf di mata) berupa menurunnya kerapatan pigmen yang berperan menyaring cahaya yang masuk ke mata. Akibatnya, penderita AMD tidak bisa melihat dengan jelas.

Penelitian menunjukkan bahwa perokok dan mantan perokok lebih mungkin untuk mengembangkan AMD dibandingkan mereka yang tidak merokok. Perokok juga memiliki risiko untuk terkena katarak.

Hindari Kebiasaan Hidup Buruk
Cara ini sebenarnya berlaku untuk menjaga kesehatan seluruh badan yaitu menghindari minumanng ya beralkohol dan menghilangkan kebiasaan merokok. Para ilmuwan mengatakan, merokok dapat membuat mata katarak, degenerasi makula (hilangnya ketajaman penglihatan), serta kerusakan saraf pada mata. Dan terlalu banyak minum alkohol dapat membuat reaksi pupil jadi tidak stabil, pandangan kabur hingga rabun mata.

Rutin Melakukan Pemeriksaan Mata
Seringkali manusia modern tidak menyadari bahwa stres karena sebuah pekerjaan dapat berdampak ke mata yang tidak sehat. Maka dari itu, perisakanlah mata anda secara rutin agar terhindar dari penyakit yang mungkin menyerang mata.

Senam Mata
Bagaimana cara melakukan senamnya? gampang kok. Buka lebar-lebar kedua mata Anda. Lalu , putar bola mata ke atas, bawah, kiri, dan kanan selama dua detik dan tutup mata secara perlahan. Ulangi beberapa kali saat Anda sedang santai. Hal ini dapat mengurangi dampak mata stres karena radiasi sinar matahari atau komputer.

Mengetahui Sejarah Mata dalam Keluarga
Kemungkinan penyakit mata bisa muncul karena faktor keturunan. Maka daripada itu, mengetahui sejarah mata dalam keluarga anda sendiri adalah hal yang sangat penting. Dengan mengetahuinya, kita sebagai anak dapat mencegah agar penyakit mata turunan dengan mengkonsultasikannya pada dokter.

Pakai Pelindung Mata
Banyak orang yang mengalami cedera mata akibat olahraga atau proyek konstruksi. Cedera bisa dihindari dengan mengenakan pelindung mata yang tepat. Kacamata bisa dipakai untuk melindungi mata dari sinar matahari atau debu saat berolahraga atau aktivitas lainnya. Banyak kacamata yang dirancang khusus untuk olahraga tertentu untuk menghindari terjadinya cedera mata. Jadi, hindarilah penggunaan sunglasses hanya karena ingin bergaya.

Istirahat yang Cukup
Sama seperti tubuh, mata juga butuh istirahat yang cukup. Menahan diri untuk tidak menonton televisi terlalu lama, atau berjam-jam di depan komputer padahal tidak sedang bekerja. Dengan begitu, mata Anda tidak kelelahan serta mendapatkan istirahat yang cukup.

Pakai kacamata hitam
Kacamata hitam mampu memblokir 100 persen paparan sinar ultraviolet, sehingga dapat mencegah perkembangan katarak. Hal ini disebabkan kacamata hitam bisa melindungi mata dari sinar matahari secara langsung yang dapat merusak retina. Kacamata hitam juga melindungi kulit kelopak mata yang lembut, serta mengurangi risiko keriput dan kanker kulit di sekitar mata.

Diet yang Seimbang
Ternyata diet ada hubungannya dengan kesehatan mata, jadi saat melakukan program diet dengan mengonsumsi makanan yang bergizi dengan sayuran dan buah-buahan. Selalu pilih makanan yang mengandung vitamin A, C, dan E karena dapat meningkatkan kesehatan mata manusia. Selain itu, memakan ikan salmon juga dapat memberikan efek yang sangat baik.

Makan yang benar
Kekurangan vitamin atau mineral dapat merusak fungsi retina. Wortel telah diyakini membantu menjaga kesehatan mata. Namun, berbagai sayuran, terutama sayuran hijau, juga menjadi bagian penting bagi kesehatan mata Anda. Penelitian telah menunjukkan bahwa orang-orang yang mengonsumsi makanan dengan kadar vitamin C dan E, seng, lutein, zeaxanthin dan asam lemak omega 3 DHA dan EPA cenderung memiliki risiko rendah mengembangkan AMD.

Melakukan pemeriksaan mata awal
Orang dewasa yang tidak memiliki tanda atau faktor risiko penyakit mata harus melakukan pemeriksaan penyakit mata pada usia 40 tahun. Jika Anda memiliki riwayat keluarga dengan penyakit mata, diabetes atau tekanan darah tinggi, maka Anda harus menemui dokter mata segera.

Jangan menggosok atau mengucek mata terlalu kuat terutama bila ada benda asing yang masuk ke mata.

Tidak menyentuh mata dengan tangan yang kotor atau belum dicuci bersih dengan sabun.

Terapkan kebiasaan menonton TV dan membaca yang benar, seperti: Jarak yang ideal 2.5 – 3 meter di depan TV, Bila ruang menonton gelap agar lampu dinyalakan, usahakan ruang dalam keadaan terang, Setelah menonton TV selama 30 – 60 menit, istirahatkan mata dengan memejamkan sejenak atau melihat jauh. Juga terapkan kebiasaan membaca yang benar, seperti: Membaca sebaiknya pada posisi duduk yang relaks, Sumber cahaya sebaiknya dari arah belakang atau samping, tidak dari arah depan, Atur jarak mata dengan bacaan kurang lebih 30-40 cm, Jangan membaca terus menerus, sesekali istirahatkan mata dengan memejamkannya sejenak atau melihat jauh.

Hal-hal diatas merupakan tips yang bisa kita gunakan dalam menjaga kesehatan mata dan meminimalisir kerusakan pada mata dan agar kita tidak mudah terserang penyakit seperti rabun jauh, rabun dekat dan katarak.

Maka dari itu, berusahalah sebaik mungkin untuk merawat kesehatan mata anda, agar mata anda tetap bisa berfungsi dengan baik dan sebagaimana mestinya karena biaya kesehatan dizaman sekarang tidak murah! terlebih kesehatan vital seperti mata yang merupakan aset penting dalam beraktivitas:)
salam kesehatan^_^

Baca Juga:
Pengaruh Kurang Tidur Terhadap Pria dan Wanita
Lima Tip Atasi Kelelahan Mata Akibat Komputer
Nutrisi Tepat, Mata Sehat
Mengapa Minus Mata Terus Bertambah?
Cara Melindungi Mata dari Kerusakan Akibat Layar Komputer

0 komentar "14 Tips Menjaga Kesehatan Mata", Baca atau Masukkan Komentar

Post a Comment

Para sobat Blogger Mari Saling Vote dan Comment Dengan Baik, Agar Mempererat Tali Silaturahmi dan Meningkatkan Seo Blog Kita Dengan Blogwalking, Saling Follow Serta Komentar Balik dan Tunggu
Kunjungan Balik Saya Di Blog Anda.

Jika Anda Ingin Meninggalkan Link, Pilih opsi Open ID Jangan memasukan link hidup karena akan saya hapus. karena blog ini bukan tempat untuk mempromosikan produk yang dijual di blog anda.
Terima kasih atas kerjasamanya ^_^