Hari Bumi 2013 Bersama Google Doodle


http://salamun-salamun.blogspot.com/2013/04/hari-bumi-2013-bersama-google-doodle.html
Berbagai bangsa dan latar belakang menyuarakan aspirasi dan aksi mereka tentang masa depan planet ini dan miliaran penduduk Bumi berpartisipasi dalam Hari Bumi 2013. Google juga turut merayakan Hari Bumi 2013 melalui desain kreatif Google Doodle menghadirkan animasi menarik pada tampilan halaman depan mesin pencarinya. Animasi tersebut menampilkan suasana alam di pagi dan malam hari, di saat teriknya matahari dan indahnya bulan diheninganny malam, dalam sebuah gambar yang tersusun dari huruf yang membentuk kata "Google" dan jika simbol search di klik akan muncul animasi siang dan malam yang silih berganti, perlu anda coba sobat.:)

Hari Bumi (Earth Day) adalah hari pengamatan tentang bumi yang dicanangkan setiap tahun pada tanggal 22 April dan diperingati secara internasional. Hari Bumi dirancang untuk meningkatkan kesadaran dan apresiasi terhadap planet yang ditinggali manusia ini yaitu bumi. Dicanangkan oleh Senator Amerika Serikat Gaylord Nelson pada tahun 1970 seorang pengajar lingkungan hidup. Tanggal ini bertepatan pada musim semi di Northern Hemisphere (belahan Bumi utara) dan musim gugur di belahan Bumi selatan. Hari Bumi pertama kali diamati pada 21 Maret 1970, tepat pada hari pertama musim semi di belahan Bumi utara. Tanggal tersebut kemudian disetujui dan ditandatangani Sekretaris Jenderal PBB saat itu, U Thant.

Disadari atau tidak, sebenarnya seiring dengan kemajuan teknologi, manusia semakin jauh dari alam. Semakin mengasingkan diri, dan semakin angkuh pula. Nenek moyang di masa lampau, dengan keterbatasan pengetahuan, memandang alam sebagai sesuatu yang sangat berharga untuk generasi kehidupan anak cucunya.

Dan perubahan iklim bumi menuju sesuatu yang menakutkan, dan tidak henti-hetinya pergeseran alam ini terjadi. Kita mungkin tidak terlalu peduli dengan beruang kutub yang berjuang hidup di Arktik. Orang utan yang semakin terdesak oleh kebakaran hutan dan ekspansi manusia. Atau Ikan Paus yang kehilangan plankton di Atlantik Utara yang makin menghangat dari waktu ke waktu. Mungkin pula kita masih terenyuh kala mengetahui di Maladewa, orang mulai ketakutan apakah mereka tidak akan tersapu oleh permukaan laut yang terus menaik. Negara sebesar Amerika Serikat tak berdaya menghadapi badai super. Serta keluarga kecil di Bangladesh yang tak bisa mencari air bersih karena seringnya banjir dan badai.

Hari bumi merupakan nama bagi dua peringatan yang berbeda, kedua-duanya diadakan setiap tahun ketika musim bunga di hemisfera utara, dan musim luruh di hemisfera selatan. Hari ini diadakan untuk meningkatkan kesadaran dan penghargaan kepada alam sekitar. Pertubuhan Bangsa-Bangsa Bersatu juga meraikan Hari Bumi, yang dimulakan oleh John McConnell pada 1969, setiap tahun ketika ekuinoks, iaitu pencerapan global yang diasaskan oleh Gaylord Nelson sebagai pengajar alam sekitar, dan sejak Januari 1970, ia juga dikenali sebagai Hari Bumi, yang diraikan di kebanyakan negara setiap tahun pada 22 April.

Sejarah Hari Bumi 22 April - Pada September 1969, dalam sebuah persidangan di Seattle, Washington, Senator A.S. Gaylord Nelson mengumumkan bahawa musim bunga 1970 akan diadakan demonstrasi dari akar umbi di seluruh negara bagi pembelaan terhadap alam sekitar. Senator Nelson pada mulanya mencadangkan bantahan alam sekitar di seluruh negara untuk menjadikan alam sekitar sebagai agenda negara. Katanya, "Ia satu pertaruhan, tetapi ia berjaya." Pada 22 April 1970 dikatakan hampir 20 juta rakyat Amerika Syarikat memenuhi taman dan auditorium.

Hari Bumi pertama menjadi pembuka jalan terbentuknya United States Environmental Protection Agency/US EPA. Lima bulan sebelum Hari Bumi 22 April yang pertama, pada Ahad, 30 November 1969, The New York Times mengeluarkan rencana yang panjang oleh Gladwin Hill yang melaporkan peningkatan aktiviti mempertahankan alam sekitar. Perjuangan Gaylord Nelson bermula sekitar lebih dari 7 tahun sebelum Hari Bumi pertama dirayakan. Setiap tahun, Hari Bumi 22 April menandakan ulang tahun kelahiran bagi gerakan alam sekitar moden pada 1970. Pada tahun 1990, peringatan Hari Bumi mulai berkembang secara global. Sekitar 200 juta orang dari 141 negara di dunia tergerak untuk mengangkat isu Bumi dalam skala global.

Saat ini, bari bumi dikoordinasikan secara global oleh Jaringan Hari Bumi (Earth Day Network) dan dirayakan di lebih dari 175 negara. Pada 2009, PBB menetapkan tanggal 22 April sebagai Hari Bumi Internasional.

Dalam rangka menyambut hari bumi 22 April 2013 Fakultas Ilmu dan Teknologi Kebumian bekerjasama dengan Sekolah Ilmu dan Teknologi Hayati ITB menyelenggarakan Peringatan Hari Bumi 2013 dengan serangkaian kegiatan diantaranya Gowes Bareng Geolog IV, Pengobatan Gratis, Penanaman Pohon, Studium Generale, Pameran, Seminar serta Olimpiade Geosains dan Olimpiade Geografi Nasional 2013. Tema tahun ini adalah "RENEWABLE ENERGY FOR BETTER SUISTANABLE RESOURCES". Secara pribadi saya menyambut hari bumi dengan mengurangi konsumsi rokok yang semula per hari habis 3 pack menjadi 1 pack saja, maklum perokok berat..:D. Nah Untuk Sobat blogger apa aksimu untuk memperingati hari bumi 2013?

Posted by: Salamun Respector SalamuN RespectoR, Updated at: Monday, April 22, 2013
Judul: Hari Bumi 2013 Bersama Google Doodle
Rating: 5.0 based on 7397739 user reviews.
Ditulis Oleh Salamun Alfarisy
Salam Sukses Selalu Sobat (S4)

Posted by : SalamuN RespectoR Menyajikan Lowongan Kerja 2013, Tips dan Trik, Tips Blogging SEO, Tips Kesehatan, Tips Komputer, Seputar Islam, Teknologi, Informasi Bisnis dan Berita Online, Bacaan dari Member untuk member lain.

Sobat sedang membaca artikel Hari Bumi 2013 Bersama Google Doodle diposting oleh SalamuN RespectoR . Terima kasih atas kunjungannya. Kritik dan saran dapat disampaikan via kotak komentar. . .Jika Artikel ini diperlukan, anda dapat menyebarluaskan melalui blog atau web sobat, harap meletakkan tautan link aktif ke postingan ini. Terima kasih dan salam sukses.

6 komentar:

  1. Hari Bumi ikut merayakan gak sobb... ngopi dulu biar matanya seger sob hehee:D

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya sob saya ikut merayakan dengan mengurangi rokok hahaha
      siiip minum kopi dulu biar melek dan ngilangin penat...:D

      Delete
  2. kalau saya merayakan nanam + nyiramin bunga dipekarangan rumah kak..hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. wow mantab tuh dekh...setuju banget memperingati Hari Bumi dengan penghijauan+perawatan bunga dipekarangan. :)

      Delete
  3. dalam memperingati hari bumi, biar hijau mari kita tanamkan pohon tauge sob.,
    hhehehe.,

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah wah sangat cocok dengan kesukaan saya makan tauge sob....lanjutkan menanam taugenya sob habis itu dikonsumsi biar reproduksi kita makin top cer. hehehe

      Delete

Para sobat Blogger Mari Saling Vote dan Comment Dengan Baik, Agar Mempererat Tali Silaturahmi dan Meningkatkan Seo Blog Kita Dengan Blogwalking, Saling Follow Serta Komentar Balik dan Tunggu
Kunjungan Balik Saya Di Blog Anda.

Jika Anda Ingin Meninggalkan Link, Pilih opsi Open ID Jangan memasukan link hidup karena akan saya hapus. karena blog ini bukan tempat untuk mempromosikan produk yang dijual di blog anda.
Terima kasih atas kerjasamanya ^_^