Menyajikan Tips Blogging SEO, Tips Kesehatan, Tips Komputer, Seputar Islam, Teknologi, Lowongan Kerja, Bisnis dan Berita Online.

15 Pekerjaan Yang Tidak Perlu Ijazah Sarjana

Ditulis oleh: -
15 Pekerjaan Yang Tidak Perlu Ijazah Sarjana
Dalam dunia kerja, masih banyak perusahaan yang mempertimbangkan latar belakang pendidikan calon karyawan yang akan  direkrut. Dalam syarat penerimaan karyawan baru, sejumlah perusahaan mencantumkan syarat untuk melampirkan ijazah sarjana perguruan  tinggi serta minimal Ipk (indeks prestasi komulatif).

Realita ini menggelisahkan pencari kerja, terutama yang tidak berijazah. Dilansir dari Yahoo! News Nick Corcodilos dari Ask The  Headhunter mendapat banyak pertanyaan dari komunitasnya. Misal, seorang pencari kerja bertanya,”Saya memiliki pengalaman  kerja selama 20 tahun di bidang akuntansi tapi tidak memiliki gelar kesarjanaan. Bagaimana saya menulis lamaran pekerjaan  kepada pemimpin perusahaan tanpa gelar yang dibutuhkan?” Menanggapi itu, Nick Corcodilos mengatakan, untuk profesi tersebut banyak lulusan perguruan tinggi jurusan akuntansi punya  pengalaman kerja. Namun pengalaman kerja selama 20 tahun dapat dengan mudah menggantikan gelar.

Oleh karena itu, suka atau tidak suka kandidat harus bersaing. Corcodilos menyarankan, tenaga kerja bisa mengambil program  khusus tanpa harus kuliah di perguruan tinggi demi memperoleh gelar. Sekarang banyak “program pembelajaran jarak jauh”. Ini  adalah perguruan tinggi yang akan memberikan kursus melalui internet. Nick Corcodilos menyarankan agar tenaga kerja memeriksa program pendidikan online secara detail sebelum mendaftar. Pastikan  lembaga tersebut terakreditasi.

Sebenarnya banyak orang bisa sukses tanpa gelar kesarjanaan. Bill Gates, pendiri Microsoft, tidak pernah lulus kuliah.  Begitu pula Michael Dell atau Steve Jobs. Di luar dunia teknologi, ada Richard Branson. Tanpa ijazah perguruan tinggi,  mereka memulai usaha sendiri dan kemudian sukses dan masih banyak lagi publik figur lain yang tidak dapat saya sebutkan  semuanya.

Anda tentu saja bisa mengikuti jejak mereka dengan mulai mencari ide untuk mendirikan sebuah usaha, kemudian belajar secara  otodidak untuk mengembangkan perusahaan tersebut. Tetapi jika Anda ingin bekerja secara mandiri atau ingin bekerja pada  orang lain di sebuah perusahaan, berikut ini "15 pekerjaan yang bisa Anda raih tanpa memerlukan gelar sarjana"

1. Jurnalis
Media massa biasanya mensyaratkan ijazah perguruan tinggi bagi semua pelamarnya. Namun jika Anda memulai sejak dini terjun  sebagai wartawan di majalah sekolah, buletin kampus, atau surat kabar lokal di kota Anda, biasanya perusahaan akan  memperhitungkan pengalaman Anda. Kemudian, jurnalis baru biasanya akan mendapat pelatihan di tempat kerjanya.

2. Sales atau Marketing
Banyak perusahaan mempekerjakan kandidat sales dengan melihat pengalaman kerja dan tidak mempertimbangkan gelar.

3. Pengembang web
Prospek kerja dan potensi penghasilan bagi para pengembang web (termasuk pengembang aplikasi) diperkirakan akan tumbuh  lebih cepat dibandingkan pekerjaan lain.

4. Sekretaris
Sekretaris ataupun petugas administrasi melakukan tugas seperti penyusunan pesan, penjadwalan rapat, dan memberikan  dukungan untuk staf kantor lainnya.

5. Asisten paralegal
Paralegal dan asisten hukum melakukan berbagai pekerjaan untuk mendukung pengacara, termasuk memelihara dan mengatur file,  melakukan penelitian hukum, dan penyusunan dokumen. Gelar sarjana atau sertifikat dalam studi paralegal biasanya diperlukan  untuk calon entry level.

6. Desainer
Untuk menjadi desainer, baik itu desainer mode ataupun atau desainer artistik di media, baik web maupun media cetak, yang  dibutuhkan adalah keahlian dan portofolio karya. Cukup kursus agar mengerti lebih baik tentang teknis yang lebih rumit. Dan  yang lebih diutamakan: bakat.

7. Teknisi
Dalam hal ini, mekanik atau teknisi bekerja mengontrol kualitas dari sistem permesinan yang tak rumit. Misalnya, sistem  pendinginan di berbagai gedung, atau mekanik pada sistem perbengkelan kendaraan.

8. Tenaga survei
Tenaga survei bekerja untuk membuat pengukuran yang tepat, melakukan survei dan pemetaan, serta mengumpulkan data.

9. Asisten eksekutif
Asisten Eksekutif memberikan dukungan administrasi termasuk melakukan penelitian, pembuatan laporan, penanganan permintaan  informasi, dan juga dapat mengatur panggilan rapat serta acara perusahaan.

10. Agen asuransi
Agen asuransi menjual produk perlindungan kesehatan, properti, otomotif. Menjadi agen asuransi menjanjikan penghasilan yang  baik dan memungkinkan pengembangan karir.

11. Kyai atau Tokoh Agama
menjadi seorang kyai tentunya menguasai hal" dalam agama Islam dan biasanya pernah mondok dipesantren, penghasilannya cukup  menjanjikan jika sukses menjadi kyahi tersohor. karena realita dinegara Indonesia khususnya agama Islam kyai sangat  berperan penting dalam mempertahankan kebaikan dan kemaslahatan agama Islam.

12. Artis Sinetron, Musisi, Seniman dan Pelawak
Para jajaran dalam kategori tidak ada tuntutan harus mempunyai gelar sarjana, karena dengan multi talenta atau bakat yang  dimiliki maka banyak produsen film dan acara telivisi yang akan merekrutnya. mengenai gaji juga tidak sulit karena realita  kehidupan artis mayoritas mewah dan glamor.

13.Certified ethical hacker (CEH)
apapun pendidikannya perusahaan IT Security akan mencari seseorang yang memiliki bakat dalam bidang certified ethical  hacker. Bayarannya lumayan, apalagi jika sampai dipanggil untuk membantu tim pencari fakta. Sekali panggilan dan terbukti  sampai case solved, bisa 9 digit bayarannya.

14.Blogger atau Internet marketing
menjadi seorang blogger tidak lah sulit jika memiliki niat serta kemauan untuk mencoba dan tidak takut gagal. mengenai  penghasilan dari seorang blogger yg profesional berfariasi, pertama-tama mulai dr bantu teman yang ingin dibuatkan blog  yang keren, edit template untuk publish produk, banner, dll. ada juga yang mendapatkan penghasilan dari iklan, dan  komunitas yang berdampak positif serta ketenaran didunia maya.

15. Petani Sukses
kenapa saya mengatakan petani sukses karena tidak semua petani dapat sukses dan kadang juga banyak petani ala kadarnya.  Petani sukses yang saya maksudkan disini merupakan para petani yang memiliki bakat pengelolaan lahan pertanian yang luas  dan memiliki jiwa dagang yang hebat dari hasil panen bercocok tanamnya, baik itu bercocok tanam padi, kacang hijau, tebu,  jamur, tembaku dan lain sebagainya. saya contohkan sekilas saja mengenai penghasilan petani sukses di bidang bercocok tanam  padi "petani padi yang sukses dengan lahan 5 hektar dalam 1 periode panen kurun waktu sekitar 6 bulan jika panennya bagus  hasilnya kurang lebih mencapai 250 juta".

Sebenarnya banyak sekali pekerjaan yang tidak perlu ijazah sarjana serta menghasilkan pendapatan uang yang banyak dan tidak  bisa didapatkan di dunia perkuliahan. Karena memang jarangnya universitas di negeri ini yang mengadakan jurusan seperti  potensi diatas. Sebenarnya gelar sarjana itu penting tapi terkadang juga tidak penting, karena semua itu tergantung situasi serta kondisi bakat,  ilmu dan realisasi dikehidupan kita, saya berkata seperti itu karena banyak figur sukses yang dapat menginspirasi, contoh  figur dr negara kita sendiri yaitu K.H. Abdurrahman Wahid, yang akrab dipanggil Gus dur dan kata "Gus" (panggilan akrab  untuk anak seorang kyai) sebagai gelar standar nasional. Masih banyak lagi figur sukses tanpa gelar sarjana dinegeri ini  tetapi tidak bisa saya sebutkan satu persatu. Semoga gambaran Pekerjaan yang tidak perlu ijazah sarjana bermanfaat dan dapat menginspirasi para sobat blogger.

17komentar :

  1. bener juga yah...hahahah. kebanyakan sih gitu, ijazah hanya sebagai pelengkap saja.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya sob. . .kurang lebih seperti itu kalau ijazah sebagai pelengkap dan formalitas saja, yang terpenting skill dan juga multi talenta yang dimiliki. :)

      Delete
    2. banyak orang sukses tanpa mengandalkan ijazah, yang penting mau dan berani untuk belajar, mencoba dan tentunya akan menghasilkan sesuatu yang baik. salam

      Delete
  2. Replies
    1. biasanya pengunjung sudah mereview alexa untuk blog saya, lha blog saya aja belum ente review kok sudah minta review balik bro. Lucu hahay :D

      Delete
  3. kpengin tuh jd petani sukses,, :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. wow bagus juga agan Hary, saya dukung untuk menjadi petani sukses. :D

      Delete
  4. Betul tuh gan..
    tapi sekarang tidak hanya skill juga gan..
    tetapi kebanyakan lowongan harus ada ijasahnya..
    okee sob..
    info bagus..
    sukses selalu buat mas salamun alfarisy..
    salam silaturahmi..

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya gan kurang lebih seperti itu, memang rata-rata kebanyakan lowongan kerja harus ada ijasahnya tapi tergantung batas minimal ijazah utuk rekrutmen perushaan..:)
      terima kasih atas dukungannya gan dan sukses selalu buat mas Kevin Herivo
      salam sillaturahmi.

      Delete
  5. selamat malam gan
    udah lama nih ane ga berkunjung ini blog
    maaf ya gan
    ane cman blog walking mempererat silahturahmi blogger
    terima kasih ^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. selamat malam juga gan Tommy..:)
      iya gan udah lama anda tidak berkunjung diblog saya, mungkin lagi banyak order tenda ya..:D hehe
      salam sukses gan Tommy, terima kasih kembali ^_^

      Delete
  6. nah masalahnya kualitas dari SDM dan Mutu pendidikan masih jauh dibandingkan dgn negara maju. bener ndak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. untuk mutu SDM menurut saya sudah cukup berani untuk unjuk gigi dikanca international mbak, hanya dukungan dari pemerintah saja yg kurang optimal...tapi untuk mutu pendidikan yang masih jauh dengan negara maju memang benar kata mbak Indah. Tapi yang penting dikembalikan pada invidunya saja.:)

      Delete
  7. Pengembangan Web (Y)

    Jangan Lupa Mampir Ke Blog Saya Ya..

    ReplyDelete
  8. Hahahaa ... bagus mas bagus :D

    follback yaa http://kreasianakpurwokerto69.blogspot.com

    ReplyDelete
  9. http://www.mageewp.com/magee-theme.html

    ReplyDelete

Para sobat Blogger Mari Saling Vote dan Comment Dengan Baik, Agar Mempererat Tali Silaturahmi dan Meningkatkan Seo Blog Kita Dengan Blogwalking, Saling Follow Serta Komentar Balik dan Tunggu
Kunjungan Balik Saya Di Blog Anda.

Jika Anda Ingin Meninggalkan Link, Pilih opsi Open ID Jangan memasukan link hidup karena akan saya hapus. karena blog ini bukan tempat untuk mempromosikan produk yang dijual di blog anda.
Terima kasih atas kerjasamanya ^_^