Menyajikan Tips Blogging SEO, Tips Kesehatan, Tips Komputer, Seputar Islam, Teknologi, Lowongan Kerja, Bisnis dan Berita Online.

Penyebab Berdarah Saat Menggosok Gigi

Ditulis oleh: -

Ada sebuah pertanyaan dari saudara April kepada seorang dokter Janfrional
Tanya:

Setiap kali saya gosok gigi, saat meludah selalu ada darah. Sepertinya sih dari gusi, tapi tidak terasa sakit sama sekali. Ini terjadi setiap kali saya gosok gigi (pagi dan malam). Apakah ini gejala penyakit? Bagaimana agar tidak berdarah lagi?

April


Jawab:

Dear April,
Gejala gusi berdarah saat menyikat gigi dapat memang dapat menandakan adanya suatu penyakit, namun juga bisa terjadi pada kondisi yang normal atau sehat. Teknik menyikat gigi atau cara menggunakan benang pembersih gigi (dental floss) yang salah juga dapat menyebabkan perdarahan gusi.

Kemungkinan-kemungkinan penyebab dari perdarahan gusi pada saat menyikat gigi adalah :

- Gangguan sistem pembekuan darah.
- Penyikatan gigi yang terlalu keras atau cara penggunaan dental floss yang salah.
- Infeksi gusi atau gigi.
- Perubahan hormon saat kehamilan
- Scurvy / sariawan
- Kondisi kekurangan Vitamin K.

Apabila gejala ini sudah berlangsung lebih dari 3 minggu atau perdarahan yang dialami cukup banyak, maka sebaiknya diperiksakan ke dokter gigi. Pada kondisi normal pun, disarankan tiap 6 bulan sekali periksa ke dokter gigi untuk membersihkan plak yang menempel di permukaan gigi.


Gunakanlah sikat gigi yang mempunyai bulu sikat lembut. Hindarilah produk mouthwash yang mengandung alkohol, karena produk ini dapat memperparah gejala yang anda alami. Penggunaan benang pembersih gigi (flossing) sebanyak 2 kali sehari juga dapat membantu untuk membersihkan timbunan plak.

 

Hal-hal lain yang juga dapat anda lakukan guna mencegah perdarahan gusi saat menyikat gigi adalah untuk menghindari kebiasaan merokok. Hindari juga pemakaian obat-obatan yang dapat menghambat faktor pembekuan darah seperti aspirin dan sejenisnya. Apabila terjadi perdarahan, anda dapat mencoba menghentikan perdarahan tersebut dengan menekannya dengan kapas yang dibasahi dengan air dingin selama 15 menit.
Semoga membantu. Terima kasih.
dr. Janfrional

 
Baca Juga:

13 Cara Merawat Ketiak Agar Bersih Harum Indah Putih dan Tetap Kering

Berhubungan Seks saat hamil

Cara Melindungi Mata dari Kerusakan Akibat Layar Komputer

Lima Tip Atasi Kelelahan Mata Akibat Komputer

Mengapa Minus Mata Terus Bertambah?

Nutrisi Tepat, Mata Sehat

Pengaruh Kurang Tidur Terhadap Pria dan Wanita

0 komentar "Penyebab Berdarah Saat Menggosok Gigi", Baca atau Masukkan Komentar

Post a Comment

Para sobat Blogger Mari Saling Vote dan Comment Dengan Baik, Agar Mempererat Tali Silaturahmi dan Meningkatkan Seo Blog Kita Dengan Blogwalking, Saling Follow Serta Komentar Balik dan Tunggu
Kunjungan Balik Saya Di Blog Anda.

Jika Anda Ingin Meninggalkan Link, Pilih opsi Open ID Jangan memasukan link hidup karena akan saya hapus. karena blog ini bukan tempat untuk mempromosikan produk yang dijual di blog anda.
Terima kasih atas kerjasamanya ^_^